PKL FARMAKOGNOSI: MAHASISWA FARMASI UNG DIAJARKAN LANGSUNG MENGOLAH TUMBUH-TUMBUHAN MENJADI KANDIDAT OBAT BAHAN ALAM

Oleh: Muhammad Taupik . 17 Agustus 2019 . 08:00:00

Laboraorium Fitokimia Bahan Alam Kembali melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mata Kuliah Farmakognosi. PKL kali ini diadakan di Desa Bonedaa, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Peserta yang mengikuti PKL kali ini adalah Mahasiswa S-1 dan D-III Farmasi yang mengambil mata Kuliah Farmakognosi. Melimpahnya Keanekaragaman Hayati yang dimiliki oleh Desa Bonedaa menjadi alasan utama memilih tempat tersebut.

Kegiatan PKL Farmakognosi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Laboratorium Fitokimia Bahan Alam. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh penanggung Jawab Matakuliah Farmakognosi sekaligus Dosen Penanggung Jawab Lapangan Bpk Mohammad Adam Mustapa, S.Si.,M.Sc, bersama dosen anggota pengampu mata kuliah Farmakognosi beserta para asisten Praktikum Farmakognosi.

Bpk Moh. Adam Mustapa yang ditemui dilokasi PKL menyampaikan, Kegiatan PKL ini dilakukan agar Mahasiswa dapat mengetahui proses pengambilan sampel simplisia tumbuh-tumbuhan. Selain dari pada itu mahasiswa juga bisa mengetahui habitat tumbuh serta karakteristik tumbuh-tumbuhan yang mereka akan ambil. Adapun Kriteria tumbuh-tumbuhan yang dipilih oleh praktikan, Asisten Praktikum mensyaratkan agar memilih tumbuh-tumbuhan langka yang tidak pernah ditemui oleh para praktikan sebelumnya.Sampel Tumbuh-tumbuhan yang yang telah diambil oleh para praktikan ini, selanjutnya akan disiangi dan dikemas untuk diteliti di Laboratorium Fitokimia Bahan Alam sebagai bagian dari materi praktikum Farmakognosi.

Selain Agenda PKL, kegiatan ini juga diisi dengan bakti sosial di desa Boneda. Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bagi para peserta PKL dan Masyarakat Bonedaa.

Agenda

8 - 13 Maret 2022

WORKSHOP "IMPLEMENTASI CHEMDRAW DAN MOLECULAR DOCKING PADA ILMU KEFARMASIAN"

Pemateri :
1. Muhammad Taupik, M.Sc
2. Ariani Hutuba M.Farm

Registrasi Sekarang.
Tempat. Gd. Jurusan Farmasi UNG (Protokol Kesehatan)
CS : Hub. Nabila (Ketua HIMAFA UNG)

8 Januari 2022

Pelaksanaan Pembekalan PKL/Magang Prodi D3 Farmasi Tahun 2022

Diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat datang tepat waktu. menggunakan seragam magang/PKL dan menggunakan masker.
Kegiatan menerapkan protokol kesehatan.

Jadwal magang/PKL setiap kelompok dapat menghubungi ibu apt. Endah N. Djuwarno M.Sc

6 - 10 Januari 2022

PKL FITOKIMIA TAHUN 2022 DESA GIRISA PAGUYAMAN BOALEMO GORONTALO

Kepada mahasiswa yang ikut kegiatan PKL Fitokimia Bulan Januari, Agar segera menghubungi Panitia pelaksana dan Dosen penanggung jawab PKL Fitokimia

24 November - 18 Desember 2021

UKTTK PERIODE DESEMBER 2021

Pelaksanaan Tanggal 18 Desember 2021. Informasi Lebih lanjut bisa menghubungi ibu wiwin adiko (operator D3)