Inovasi Stick Balm Multiple Action dari Limbah Kulit Bawang Merah dan Sisik Ikan Nila sebagai Antihiperpigmentasi, Antiaging, dan Moisturizer

Oleh: Multiani S. latif . 21 Juli 2024 . 17:32:10

Farmasi UNG - 21 Juli 2024 - Tim PKM-K dibawah bimbingan Ibu Apt. Multiani S. Latif  dan diketuai oleh Moh. Nur Fadjri yang beranggotakan Syahla Alamri, Alyiah Masuha, Aulia Pou dan Detasya, Mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Negeri Gorontalo berhasil meraih Pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan tahun 2024. Tim ini berhasil menciptakan AlcetinBalm : “Inovasi StickBalm  MultipleAction dari Limbah Kulit Bawang Merah dan Sisik Ikan Nila sebagai Antihiperpigmentasi, Antiaging, dan Moisturizer.”

Gorontalo termasuk daerah dengan tingkat paparan sinar ultraviolet (UV) kategori ekstrim atau sangat berbahaya dengan suhu terpanas dalam 30 tahun terakhir, yaitu 35,2oC. Tentu saja suhu yang terbilang ekstrim ini dapat menjadi salah satu faktor permasalahan pada kulit wajah yang seringkali tidak dapat kita hindari,  sehingga kesehatan kulit akan menurun yang ditandai dengan flek hitam, kerutan, dan kulit kering. Masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan antioksidan dan kolagen. Diketahui bawang merah merupakan bahan pangan yang melimpah dan tanpa musim, yang mana untuk kebutuhan kulit bawang merah akan selalu terpenuhi selain itu kulit bawang merah memiliki aktivitas antioksidan yang kuat sehingga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, melawan penuaan dini, flek hitam, dan kulit kering.

Selain kulit bawang merah, kami juga menggunakan sisik ikan nila sebagai bahan utama, dimana sisik ikan nila  memiliki kandungan kolagen. Dimana kolagen diketahui dapat membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mengatasi kulit kering. Maka melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan kami menciptakan “Inovasi dari kulit bawang merah dan sisik ikan nila dalam mengatasi masalah kulit kering, flek hitam, dan keriput pada kulit wajah.” tutur Fadjri.

Produk ini dinyatakan aman karena telah melalui proses uji evaluasi produk yang dilakukan di Laboratorium Teknologi Farmasi Universitas Negeri Gorontalo. Produk ini juga merupakan satu-satunya moisturizer dalam bentuk StickBalm yang berasal dari Limbah bahan alam serta produk ini tidak mempunyai efek samping karena menggunakan bahan herbal dan memiliki aroma lemon lime yang segar.

Produk AlcetinBalm ini diliris pada tanggal 9 July 2024 dan telah dipasarkan pada Gelar Produk PKM-K Universitas Negeri Gorontalo pada tanggal 10 July 2024 dan dijual dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 30.000,- . Selain itu produk ini dipromosikan secara online via instagram dan tiktok serta didistribusikan secara offline dan bekerja sama dengan beberapa toko kosmetik di area kota Gorontalo , dan pembayaran melalui Cash, COD (Cash On Delivery ) dan Qris.

Agenda

3 Juni 2024

KULIAH PAKAR

CARA DISTRIBUSI OBAT YANG BAIK DALAM PENGAWASAN RANTAI DISTRIBUSI PRODUKSI FARMASI

8 - 13 Maret 2022

WORKSHOP "IMPLEMENTASI CHEMDRAW DAN MOLECULAR DOCKING PADA ILMU KEFARMASIAN"

Pemateri :
1. Muhammad Taupik, M.Sc
2. Ariani Hutuba M.Farm

Registrasi Sekarang.
Tempat. Gd. Jurusan Farmasi UNG (Protokol Kesehatan)
CS : Hub. Nabila (Ketua HIMAFA UNG)

8 Januari 2022

Pelaksanaan Pembekalan PKL/Magang Prodi D3 Farmasi Tahun 2022

Diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat datang tepat waktu. menggunakan seragam magang/PKL dan menggunakan masker.
Kegiatan menerapkan protokol kesehatan.

Jadwal magang/PKL setiap kelompok dapat menghubungi ibu apt. Endah N. Djuwarno M.Sc

6 - 10 Januari 2022

PKL FITOKIMIA TAHUN 2022 DESA GIRISA PAGUYAMAN BOALEMO GORONTALO

Kepada mahasiswa yang ikut kegiatan PKL Fitokimia Bulan Januari, Agar segera menghubungi Panitia pelaksana dan Dosen penanggung jawab PKL Fitokimia