Farmasi UNG Siap Laksanakan OSCE Prodi D3 Farmasi Tahun 2024 : Workshop Item Development OSCE

Oleh: Multiani S. latif . 28 Mei 2024 . 22:22:32

Makassar - Sabtu (25-05-2024) Pelaksanaan ujian dalam bentuk Objective structured clinical examination (OSCE) Program Studi D3 Farmasi dan D3 Anafarma sudah mulai berlangsung dan sampai dengan saat ini. Pelaksanaan dilakukan secara internal di institusinya masing-masing. Sabtu kemarin APDFI Regional 5 Melaksanakan kegiatan Workshop Item Development OSCE di Poltekkes Makassar. Pemateri Workshop dari APDFI Pusat yaitu bapak apt. MH. Roseno, S.Si., M.Si dan ibu apt. Wardiyah, S.Si., M.Si. Peserta pada kegiatan ini terdiri dari Dosen-dosen Prodi D3 Farmasi dan Anafarma di Wilayah Regional 5. Jurusan Farmasi Program Studi D3 Farmasi, FOK, UNG diwakili oleh Ibu Mahdalena Sy Pakaya, M.Si.,Apt (Ketua Program Studi D3 Farmasi UNG), Wiwit Zuriati Uno, M.Sc.,Apt,  Mohamad Aprianto Paneo, M.Farm.,Apt, dan Multiani S Latif, M.Farm.,Apt (Dosen Jurusan Farmasi UNG).

Pelatihan dimulai dari pengenalan karakter OSCE untuk Prodi D3 Farmasi dan Anafama, kemudian dilanjutkan dengan peran sebagai Penguji dalam Soal OSCE yang dimana diperkenalkan dengan rubrik-rubrik penilaian pada OSCE. Selain itu Pembuatan Soal OSCE sebanyak 6 stase yang harus memenuhi ketentuan pada template yang tersedia. Kemudian bagaimana tugas dan fungsi dan pemeran standar. Hingga pada besoknya setiap peserta harus mempersentasikan soal-soal yang telah dibuat, dan dinilai bersama-sama oleh pemateri dan peserta. Peserta yang mengikuti OSCE nantinya akan mendapatkan Sertifikat Peserta kegiatan yang nantinya akan digunakan sebagai syarat menjadi penguji OSCE.

Kegiatan terakhir setelah presentasi soal, para perserta kegiatan Workshop Item Development OSCE berkunjung ke kampus Univelar untuk melihat fasilitas dan simulasi Pelaksanaan OSCE. Wiwit Zuriati Uno, M.Sc.,Apt salah satu peserta dari Jurusan Farmasi Program Studi D3 Farmasi, FOK, UNG berkesmpatan menjadi salah satu penguji dalam kegiatan simulasi ini. 

Mahdalena Sy Pakaya, M.Si.,Apt selaku Ketua Program Studi D3 Farmasi UNG kedepannya telah mengupayakan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di jurusan farmasi ung, dengan target semua dosen dapat terpapar pelatihan OSCE tersebut untuk siap menghadapi OSCE Prodi 3 Nasional nanti. Selain itu mahdalena dalam waktu dekat ini telah merencanakan agenda workshop kurikulum dan Kuliah pakar Program studi D3 Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo

Agenda

3 Juni 2024

KULIAH PAKAR

CARA DISTRIBUSI OBAT YANG BAIK DALAM PENGAWASAN RANTAI DISTRIBUSI PRODUKSI FARMASI

8 - 13 Maret 2022

WORKSHOP "IMPLEMENTASI CHEMDRAW DAN MOLECULAR DOCKING PADA ILMU KEFARMASIAN"

Pemateri :
1. Muhammad Taupik, M.Sc
2. Ariani Hutuba M.Farm

Registrasi Sekarang.
Tempat. Gd. Jurusan Farmasi UNG (Protokol Kesehatan)
CS : Hub. Nabila (Ketua HIMAFA UNG)

8 Januari 2022

Pelaksanaan Pembekalan PKL/Magang Prodi D3 Farmasi Tahun 2022

Diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat datang tepat waktu. menggunakan seragam magang/PKL dan menggunakan masker.
Kegiatan menerapkan protokol kesehatan.

Jadwal magang/PKL setiap kelompok dapat menghubungi ibu apt. Endah N. Djuwarno M.Sc

6 - 10 Januari 2022

PKL FITOKIMIA TAHUN 2022 DESA GIRISA PAGUYAMAN BOALEMO GORONTALO

Kepada mahasiswa yang ikut kegiatan PKL Fitokimia Bulan Januari, Agar segera menghubungi Panitia pelaksana dan Dosen penanggung jawab PKL Fitokimia