Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan UNG 2022 Desa Tanah Putih Laksanakan Sosialisasi Mengenai Pencegahan Stunting

Oleh: Multiani S. latif . 14 Januari 2023 . 19:25:06

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar Sosialisasi tentang Pencegahan Stunting yang mengusung tema "Pentingnya Gizi Selama 1000 Hari Kehidupan" yang dihadiri oleh para ibu hamil dan ibu yang memiliki anak balita dan para kader dari  Desa Tanah Putih, Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada 29 Desember 2022 yang di bawakan oleh Dokter dr. Zulaika Febriana Asikin, M.Kes, para dosen kebidanan dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UmGo) yaitu bd. st. Surya Indah Nurdin, S. ST., M.Keb., Sri Mulyaningsih, S. ST., M. Keb., Fifi Ishak, S.KM., M.Kes., serta Dosen Pembimbing Lapangan antara lain yaitu Bapak Muhammad Taupik.,M.Sc., Bapak Zul Fikar Ahmad S.kep., M.Kes, dan Ibu Ns. Andi Mursydah., M.Kes. yang dihadiri oleh Kepala Desa Tanah Putih ibunda Asna Rajak, S.AP., beserta aparat Desa lainnya.

Kegiatan in bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para ibu hamil dan para ibu yang memiliki anak usia 0-2 tahun agar bisa mengatur asupan gizi mulai dari kandungan sampai 1000 hari pertama kehidupan. 

Tidak hanya itu mahasiswa KKN-PK Desa Tanah Putih juga mengadakan pemeriksaan kesehatan. Seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, serta mengukur Lingkar Lengan Atas (LILA) untuk para ibu hamil. Kegiatan sosialisasi yang di rangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan ini mendapat apresiasi serta dukungan dari pihak aparat desa, karna diharapkan bisa memberi pemahaman dan lebih meningkatkan kesadaran para ibu hamil agar dapat mencukupi asupan gizi.

Pada pelaksanaannya melakukan pemberian materi mengenai edukasi pencegahan stunting, menghimbau masyarakat mengenai pengaruh stunting terhadap perkembangan anak.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi pencegahan stunting oleh mahasiswa KKN ini, diharapkan dapat mengimplementasi informasi tersebut kedalam kegiatan sehari – hari sehingga dapat mencegah terjadinya stunting. Kegiatan juga berujuan untuk memberi tahu apa saja yang harus dilakukan anak-anak agar terhindar dari stunting, sehingga dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat bagaimana cari menghindari stunting dan cara memenuhi gizi kepada anak agar tumbuh normal. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu mengurangi anak-anak yang terkena stunting dan tumbuh dengan normal. Selain itu adanya program penyuluhan stunting ini dapat membuat masyarakat lebih termotivasi untuk memilih gizi yang tepat untuk anak mereka dan menjalani hidup yang lebih sehat sehingga kualitas dan kapasitas masyarakat Desa Tanah Putih dapat meningkat.

Agenda

8 - 13 Maret 2022

WORKSHOP "IMPLEMENTASI CHEMDRAW DAN MOLECULAR DOCKING PADA ILMU KEFARMASIAN"

Pemateri :
1. Muhammad Taupik, M.Sc
2. Ariani Hutuba M.Farm

Registrasi Sekarang.
Tempat. Gd. Jurusan Farmasi UNG (Protokol Kesehatan)
CS : Hub. Nabila (Ketua HIMAFA UNG)

8 Januari 2022

Pelaksanaan Pembekalan PKL/Magang Prodi D3 Farmasi Tahun 2022

Diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat datang tepat waktu. menggunakan seragam magang/PKL dan menggunakan masker.
Kegiatan menerapkan protokol kesehatan.

Jadwal magang/PKL setiap kelompok dapat menghubungi ibu apt. Endah N. Djuwarno M.Sc

6 - 10 Januari 2022

PKL FITOKIMIA TAHUN 2022 DESA GIRISA PAGUYAMAN BOALEMO GORONTALO

Kepada mahasiswa yang ikut kegiatan PKL Fitokimia Bulan Januari, Agar segera menghubungi Panitia pelaksana dan Dosen penanggung jawab PKL Fitokimia

24 November - 18 Desember 2021

UKTTK PERIODE DESEMBER 2021

Pelaksanaan Tanggal 18 Desember 2021. Informasi Lebih lanjut bisa menghubungi ibu wiwin adiko (operator D3)