PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) FITOKIMIA, DEKAN FOK: GALI POTENSI TELUK TOMINI

Oleh: Multiani S. latif . 4 Januari 2022 . 10:05:00

Selasa, 4 Januari 2022 - Gedung Jurusan Farmasi UNG

Back To Nature istilah yang paling cocok untuk penelusuran sumberdaya alam yang memiliki potensi di bidang farmasi, selayaknya kegiatan yang akan di ikuti oleh mahasiswa farmasi UNG dibulan januari ini dengan tema "Melestarikan Hutan Sebaga Sumber Daya Obat Tradisional"

Kegiatan diawali dengan pembekalan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Olahraga dan Kesehatan UNG ibu Prof. Dr. Herlina Jusuf, M.Kes, Ketua Jurusan Farmasi ibu Dr. apt. Teti S. Tuloli, M.Si, Sekretaris Jurusan ibu Dr. apt. Nur Rasdianah, M.Sc, Ketua Prodi D3 Farmasi ibu apt. Madania, M.Sc, dan didampingi oleh beberapa dosen penanggung jawab mata kuliah fitokimia, serta panitia pelaksana PKL Fitokimia 2022.

                                       

Sebanyak 103 orang mahasiswa S1 Farmasi dan 79 orang Mahasiswa D3 Farmasi akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mata kuliah Fitokimia Selama empat  hari yang diadakan mulai tanggal 6 Januari hingga 10 Januari 2022 

Lokasi kegiatan bertempat di Desa Girisa, Paguyaman, Kab. Boalemo, Provinsi Gorontalo. Desa ini masuk dalam kawasan teluk tomini, menurut informasi yang beredar dan diperkuat oleh beberapa penelitian, terdapat beberapa flora dan fauna yang memiliki senyawa fitokimia yang berpotensi untuk dijadikan obat dalam mengatasi beberapa penyakit.

Dalam arahannya, Dekan FOK menyampaikan

"Lokasi pemilihan PKL ini sangat bagus karena daerah ini termasuk dalam kawasan Teluk Tomini yang menjadi Concern UNG"

Selama di lapangan para mahasiswa agar bisa beradaptasi dan berbaur dengan masyarakat setempat. Selain itu juga bisa menjaga nama baik almamater. Pergunakan momen selama PKL ini sebagai media untuk belajar dan mengambil sampel praktikum, juga sekaligus menggali informasi dari masyrakat terkait dengan pemanfaatan obat tradisional. Diakhir sambutan, Ketua Jurusan Farmasi  menyampaikan agar mahasiswa selama di lokasi untuk tetap taat pada prosedur yang ditetapkan oleh panitia pelaksana, tunjukan bahwa mahasiswa farmasi ung adalah generasi cerdas, tetap dengan sikap sopan santun, mampu berbaur dengan masyarakat, mampu mengembangkan potensi desa, tetap ikuti prokes berlaku, serta kembali ke kampus dengan kondisi yang sehat.

Agenda

8 - 13 Maret 2022

WORKSHOP "IMPLEMENTASI CHEMDRAW DAN MOLECULAR DOCKING PADA ILMU KEFARMASIAN"

Pemateri :
1. Muhammad Taupik, M.Sc
2. Ariani Hutuba M.Farm

Registrasi Sekarang.
Tempat. Gd. Jurusan Farmasi UNG (Protokol Kesehatan)
CS : Hub. Nabila (Ketua HIMAFA UNG)

8 Januari 2022

Pelaksanaan Pembekalan PKL/Magang Prodi D3 Farmasi Tahun 2022

Diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat datang tepat waktu. menggunakan seragam magang/PKL dan menggunakan masker.
Kegiatan menerapkan protokol kesehatan.

Jadwal magang/PKL setiap kelompok dapat menghubungi ibu apt. Endah N. Djuwarno M.Sc

6 - 10 Januari 2022

PKL FITOKIMIA TAHUN 2022 DESA GIRISA PAGUYAMAN BOALEMO GORONTALO

Kepada mahasiswa yang ikut kegiatan PKL Fitokimia Bulan Januari, Agar segera menghubungi Panitia pelaksana dan Dosen penanggung jawab PKL Fitokimia

24 November - 18 Desember 2021

UKTTK PERIODE DESEMBER 2021

Pelaksanaan Tanggal 18 Desember 2021. Informasi Lebih lanjut bisa menghubungi ibu wiwin adiko (operator D3)