Tingkatkan Skill Komputasi Kimia melalui Workshop : Implementasi Chemdraw dan Molecular Docking pada Ilmu Kefarmasian

Oleh: Multiani S. latif . 12 Maret 2022 . 10:23:12

Gorontalo - Sabtu 12 Maret 2022 - Gedung Farmasi UNG 

Ilmu Farmasi tidak lepas terapan ilmu kimia, misalnya Kimia Komputasi yang penerapannya ke ilmu farnasi berkembang pesat dari tahun-ketahun untuk mempermudah dalam penemuan senyawa kimia baru yang berpotensi sebagai obat. Hal tersebut diterapkan pada kegiatan Workshop pembuka di awal tahun 2022 oleh jurusan farmasi UNG dengan judul Implementasi Chemdraw dan Molecular Docking pada Ilmu Kefarmasian.

Ketua Jurusan farmasi UNG ibu Dr. apt. Teti, S. Tuloli,M.Si bersama Ketua Panitia bapak apt.Mohamad Aprianto Paneo, M.Farm bersepakat menunjuk Divisi Kimia Farmasi UNG sebagai pemateri pada workshop kali ini, dua pemateri hebat yaitu Bapak Muhammad Taupik, M.Sc dan Ibu Ariani Hutuba, M.Farm. Kegiatan ini juga melibatkanTeman-teman mahasiswa HIMAFA UNG sebagai anggota panitia pelaksana.

Jumlah peserta yang mengikut kegiatan ini sebanyak 140 Peserta terdiri dari mahasiswa jurusan farmasi yang sementara dalam proses kontrak mata kuliah Kimia Farmasi dan Kimia Medisinal dimana kedua mata kuliah ini berkaitan erat dengan workshop tersebut. Peserta dibagi dalam dua sesi dan dua kelas, Setiap kelas ditempati 20-30 peserta dengan tetap memperhatikan jarak. Kegiatan mengikuti Protokol Kesehatan Ketat.

Fasilitas yang diperoleh mahasiswa pada kegiatan ini berupa Aplikasi Penunjang, Modul pembelajaran, Lunch Box, dan E-Sertifikat yang dibagikan melaui grup pendaftaran. 

Kegiatan Workshop dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Olahraga dan Kesehatan, bapak Dr. Hartono Hadjarati, M.Pd.  dalam pembukaan serta sambutannya beliau menyampaiakan :

Kegiatan Workshop seperti ini harus menjadi kegiatan yang continues dalam hal ini berkelanjutan. Kimia komputasi ini sangat penting dipelajari untuk pengembangan senyawa yang berpotensi sebagai obat, apalagi kita tinggal didaerah yang didukung oleh sumber daya alam yang dapat menunjang untuk penemuan senyawa-senyawa baru. 

Agenda

8 - 13 Maret 2022

WORKSHOP "IMPLEMENTASI CHEMDRAW DAN MOLECULAR DOCKING PADA ILMU KEFARMASIAN"

Pemateri :
1. Muhammad Taupik, M.Sc
2. Ariani Hutuba M.Farm

Registrasi Sekarang.
Tempat. Gd. Jurusan Farmasi UNG (Protokol Kesehatan)
CS : Hub. Nabila (Ketua HIMAFA UNG)

8 Januari 2022

Pelaksanaan Pembekalan PKL/Magang Prodi D3 Farmasi Tahun 2022

Diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat datang tepat waktu. menggunakan seragam magang/PKL dan menggunakan masker.
Kegiatan menerapkan protokol kesehatan.

Jadwal magang/PKL setiap kelompok dapat menghubungi ibu apt. Endah N. Djuwarno M.Sc

6 - 10 Januari 2022

PKL FITOKIMIA TAHUN 2022 DESA GIRISA PAGUYAMAN BOALEMO GORONTALO

Kepada mahasiswa yang ikut kegiatan PKL Fitokimia Bulan Januari, Agar segera menghubungi Panitia pelaksana dan Dosen penanggung jawab PKL Fitokimia

24 November - 18 Desember 2021

UKTTK PERIODE DESEMBER 2021

Pelaksanaan Tanggal 18 Desember 2021. Informasi Lebih lanjut bisa menghubungi ibu wiwin adiko (operator D3)